Obat Herbal Penyakit Kolesterol

Raja Herbal-  Tahukah anda tentang penyakit kolesterol ?Penyakit Kolesterol atau kolesterol tinggi adalah dimana kondisi tingkat kadar kolesterol dalam darah yang sudah melampaui kadar yang normal . Penyakit ini harus di waspadai karena Kondisi kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius seperti stroke,obesitas,diabetes dan penyakit jantung.

Gejala Penyakit Kolesterol

Berikut ini adalah tanda gejala awal ciri ciri penyakit kolesterol yang paling umum terjadi oleh penderita :
  • Rasa berat di tengkuk dan pegal di pundak, hal ini karena suplai darah dan oksigen terhambat akibat penumpukan plak pada pembuluh darah
  • Sering sakit kepala, karena adanya peningkatan kolesterol menjadikan arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah). Aliran darah yang mengalir ke otak terhambat
  • Cepat mengantuk, karena kolesterol menyempitkan pembuluh darah dan terkadang menutup pembuluh darah, aliran darah yang membawa oksigen ke otak terhambat sehingga seseorang cepat mengantuk. Jika anda sering merasakan 3L yakni lemah, letih dan lesu, ada baiknya anda segera mengecek kadar kolesterol tubuh anda.
  • Mudah lelah, orang yang mengalami kolesterol tinggi sistem vital tubuhnya terganggu sehingga mudah lelah. Apakah anda sering bangun tidur dan terasa masih capek seharian ? Jika anda berusia diatas 30 tahun dan sering mengalami gejala ini segeralah periksa kesehatan anda secara rinci.
  • Kesemutan, ini terjadi karena aliran darah menggumpal dan tidak lancar.


Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi

Beberapa cara apabila Anda terkena kolesterol tinggi dan ingin menurunkannya bisa mencoba beberapa tips berikut ini :
1.) Mengkonsumsi sayur-sayuran namun jangan dimasak dengan santan, untuk alternatif bisa dijadikan lalapan.
2.) Jika ingin minum susu, Minumlah susu sapi tanpa lemak.
3.) Jika ingin mengkonsumsi telur cukup konsumsi putih telurnya saja tanpa kuning telur.
Beberapa makanan yang harus dihindari apabila seseorang mengalami kolesterol tinggi, diantaranya :
1.) Goreng-gorengan, mentega
2.) Susu lemak tinggi, sosis atau keju,
3.) Gajih sapi, gajih kambing, dan daging sapi berlemak,
4.) Kepiting, kerang, udang, belut, siput memiliki kadar kolesterol yang tinggi.
Makanan yang dilarang untuk dimakan karena mengandung kolesterol yang sangat tinggi, sebagai berikut :
1.) Kuning telur,
2.) Cumi-cumi,
4.) Telur Puyuh,
3.) Otak sapi.


Pencegahan Penyakit Kolesterol

Jika anda ingin terhindar dari penyakit kolestrol maka mulailah dengan pola hidup sehat yakni
  • Pilihlah makanan yang mengandung lemak sehat
  • Hindari alkohol dan merokok
  • Lakukan olah raga dengan teratur
  • Usahakan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat.

 

Obat Herbal Penyakit Kolesterol 

1. Bawang putih
Bawang putih (Allii bulbus), bahan aktifnya s-allyl cysteine, suatu komponen thioallyl yang mempunyai khasiat hipolipidemik dan antitrombotik. Studi di Munich University, Jerman, menemukan bahwa menambahkan bawang putih ke dalam diet akan menurunkan kolesterol jahat sekitar 10 persen dalam empat bulan. Mengonsumsi bawang putih segar sering jadi masalah bagi banyak orang karena rasa yang tidak enak dan aromanya menyengat.
Bahan: 1-2 siung bawang putih
Cara Pemakaian: Bawang putih diiris tipis-tipis atau dipipiskan dan dibuat bulatan kecil, lalu ditelan. Lakukan 2 kali sehari. Namun ada cara lain supaya lebih mudah masuk ke tubuh kita. Bawang putih bisa dikreasikan dengan buah-buahan yang enak, menjadi jus kaya manfaat.

2. Kunyit
 Dengan nama latin Curcumae domesticae rhizoma, tumbuhan ini juga berkhasiat melancarkan darah dan energi vital, menghilangkan sumbatan, sebagai peluruh kentut dan haid, mempermudah persalinan, antibakteri, antiinflamasi, serta memperlancar pengeluaran empedu ke usus.
Bahan: 10 gram rimpang kunyit segar
Cara Pemakaian: Rimpang kunyit dibersihkan, lalu diiris tipis-tipis. Rebus dalam air 2 gelas hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring dan diminum sekaligus. Lakukan hal ini 3 kali sehari, selama 12 minggu.

3. Temulawak
Tanaman bernama latin Curcumae rhizoma ini mempunyai aktivitas kolagoga (memperlancar pengeluaran empedu ke usus).
Bahan: 3 jari rimpang temulawak segar
Cara Pemakaian : Rimpang temulawak dikupas kulitnya, lalu diparut. Tambahkan 1/2 cangkir air panas dan biarkan mengendap. Setelah dingin, endapannya dibuang dan airnya diminum. Lakukan setiap hari.

4. Kayu Manis 
Kayu manis mengandung senyawa yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. selain itu Senyawa ini juga dapat menurunkan berat badan.
Bahan : Siapkan kayu manis batangan, cengkeh, satu ruas kunyit, dan madu.
Cara Pemakaian : Panaskan air dalam panci kemudian masukan kayu manis batangan.Kemudian masukan cengkeh ke dalam rebusan kayu manis dan rebus hingga mendidih.Sambil menunggu rebusan mendidih, tumbuk kunyit hingga halus dan masukan ke dalam gelas.Kemudian masukan air rebusan ke dalam gelas yang berisi kunyit halus lalu tambahkan madu sebagai pemanis dan aduk hingga larut rata.

5. Daun Sirsak
Pemeran utama dari daun sirsak yang mampu mencegah dan menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh ialah kandungan antioksidannya yang tinggi.dengan adanya antioksidan ini, maka kandungan kolestrol di dalam tubuh bisa lebih terkontrol dan dan tubuh tidak akan mengalami kelebihan kolestrol.
Bahan : Daun sirsak secukupnya
Cara Pemakaian : Ambil beberapa lembar daun sirsak secukupnya.Rebuslah daun sirsak dengan 1 gelas air.Rebus hingga mendidih dan airnya hanya tersisia setengahnya saja.Tunggu hingga rebusan menjadi hangat dan tidak panas, lalu minum hasil rebusan tersebut secara rutin paling tidak 2 kali dalam sehari


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Ramuan Herbal Penambah Nafsu Makan

Ramuan Herbal Penyakit Kanker