penyakit ginjal dan pengobatanya

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang  penting bagi manusia meskipun ukurannya sangat kecil. Fungsi ginjal salah satunya adalah sebagai penyaring darah agar tidak ikut dikeluarkan bersama dengan urin. Oleh sebab itu tanda penyakit ginjal yang parah atau gagal ginjal kronis adalah saat berkemih air urin tercampur bersamaan dengan darah. Jika sudah gagal ginjal kronis, pengobatan yang dilakukan seperti cuci darah hanya bisa dilakukan untuk memperpanjang umur pasien bukan untuk mengobatinya.





Gejala Penyakit Ginjal

Tanda-tanda dan gejala penyakit ginjal berkembang dari waktu ke waktu jika kerusakan ginjal berlangsung lambat. Tanda dan gejala penyakit ginjal dapat mencakup:
  • mual
  • muntah
  • kehilangan selera makan
  • kelelahan dan kelemahan
  • masalah tidur
  • perubahan dalam urin
  • penurunan ketajaman mental
  • otot berkedut dan kram
  • cegukan
  • pembengkakan kaki dan pergelangan kaki
  • gatal yang tak kunjung hilang
  • nyeri dada, jika cairan menumpuk di sekitar selaput jantung
  • sesak napas, jika cairan menumpuk di paru-paru
  • tekanan darah tinggi (hipertensi) yang sulit dikendalikan

Penyebab penyakit ginjal

Mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Ginjal merupakan organ yang penting bagi kehidupan manusia, oleh sebab itu ada baiknya manusia menjaga ginjalnya dengan baik. Salah satu upaya mencegah penyakit ginjal adalah dengan menghindari sumber penyakit ginjal.

Beberapa faktor umum penyebab penyakit Ginjal antara lain :

(-) Duduk Terlalu Lama
hal pertama yang bisa membahayakan kesehatan ginjal adalah duduk yang terlalu lama. Duduk maupun berdiri telalu lama sama sama tida bagus untuk kesehatan sebab saat duduk atau berdiri, ada organ yang tertekan dengan posisi seperti itu. Saat duduk terlalu lama, ginjal menjadi tertekan sehingga bagian punggung bawah akan terasa nyeri dan linu. Terlalu lama tertekan akan membuat ginjal terganggu fungsinya

(-)  Kurang Minum Air Putih

Untuk menjaga kesehatan ginjal dibutuhkan cairan yang cukup, sayangnya saat sudah duduk terlalu lama orang orang tidak mengimbanginya dengan mengkonsumsi cukup cairan. Air putih diperlukan untuk melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh terutama ke ginjal. Orang yang duduk butuh banyak cairan dibandingkan dengan orang yang tidak terlalu lama duduk. Jika kekurangan cairan, orang akan terkena bahaya dehidrasi dimana salah satu bahayanya adalah merusak ginjal

(-)Supplemen Energi

Ginjal tidak bisa mentolerir beberapa kandungan kimia yang ada pada supplemen energi. Oleh sebab itu mengkonsumsi terlalu sering supplemen energi bisa merusak ginjal jangka panjangnya. Jika tidak terlalu dibutuhkan sebaiknya hindari mengkonsumsi supplemen energi terlalu sering.

(-)Alkohol dan Obat Obatan

Pola hidup yang tidak sehat akan membuat ginjal rusak. Contohnya adalah mengkonsumsi alkohol dan juga obat obatan terlarang. Kandungan kimia pada alkohol dan obat obatan terlarang bisa membuat fungsi ginjal terbebani. Tidak hanya itu saja penggunaan obat kimia yang terlalu sering juga tidak bagus untuk kesehatan ginjal.

CARA PENCEGAHAN PENYAKIT GINJAL

Sebagai upaya kita untuk melakukan pencegahan tehadap kemungkinan terserangnya penyakit ginjal, maka berikut ini langkah – langkah pencegahan agar kita terhindar dari penyakit ginjal. Antara lain :

1. Perbanyak konsumsi air minum
 Untuk menjaga ginjal agar tetap berfungsi dengan baik, salah satunya dengan memperbanyak minum air. Karena itu, kita dianjurkan minum air sebanyak 10 gelas (kurang lebih 2000 ml) per hari. Gunanya agar ketersediaan air dalam tubuh terpenuhi, sehingga volume darah dalam tubuh cukup. Jika volume darah cukup, maka aliran darah ginjal menjadi baik.

2. Variasi menu makanan harus seimbang
 Biasakan menjalankan pola makan seimbang. Artinya, dalam kengkonsumsi menu makanan setiap hari harus memperhatikan keseimbangan antara gizi, vitamin, protein maupun mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kelebihan kadar protein justru akan menambah beban bagi ginjal untuk mengeluarkan sisa – sisa olahannya. Sedangkan variasi menu makanan sehari hari, justeru akan membantu menghindari timbunan sisa olahan (sisa metabolisme) dalam unit terkecil saringan ginjal.

3. Berolah raga secara rutin
 Membiasakan diri berolah raga secara teratur akan membuat sirkulasi darah menjadi lancar, sehingga jantung menjadi sehat. Jika jantung kita sehat, maka aliran darah ke ginjal juga menjadi baik, dan ginjalpun berfungsi normal. Untuk itu lakukanlah olah raga ringan seperti jogging, jalan kaki, bersepeda, berenang atau lainnya secara rutin, paling tidak 3 sampai 5 kali dalam seminggu, masing – masing selama kurang lebih 30 menit.

4. Berhati-hati dalam pemakaian obat
 Pemakaian obat diluar anjuran bisa jadi justeru merugikan kesehatan itu sendiri. Karena setiap obat, khususnya obat – obatan kimia, pada umumnya memiliki efek samping. Jadi bukannya menjadikan penyembuh, tetapi malah sebaliknya, akan menjadi racun bagi tubuh. Untuk itu mintalah nasihat dokter atau ahli pengobatan medis lainnya, jika ingin menggunakan obat – obatan kimiawi.

5. Lakukan pemeriksaan secara berkala
Sebagai langkah antisipasi maupun pemeriksaan lanjutan, pemeriksaan kesehatan secara berkala perlu dilakukan. Baik itu general chek – up (pemeriksaan keseluruhan), maupun pemeriksaan ke laboratorium, khususnya pemeriksaan terhadap urine maupun darah agar dapat diketahui kadar kreatinin dalam darah maupun racun – racun tubuh lainnya. Sehingga kita bisa mengantisipasi bila ada hal – hal yang perlu segera ditangani.

Herbal mengobati penyakit ginjal

Cara mengobati penyakit ginjal dengan pengobatan alami  adalah dengan menggunakan herbal.yang telah terbukti serta dikenal luas manfaatnya bagi kesehatan.
tanaman herbal untuk penyakit ginjal yaitu :

Demikianlah artikel yang saya buat tentang Penyakit ginjal.semoga bermanfaat bagi orang yang membacanya dan menambah wawasan bagi orang yang membaca artikel  ini. Dan penulis mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata dan kalimat yang tidak jelas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Ramuan Herbal Penambah Nafsu Makan

Ramuan Herbal Penyakit Kanker